Kemenag Bantah Isu Suap Penetapan BPIH 2010

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kementerian Agama (Kemenag) membantah isu suap dalam penetapan BPIH 2010 oleh Kemenag ke komisi VIII DPR RI. Menurut, Abdul Ghafur Jawahir, Menurut Abdul Ghafur Jawahir, Sekretaris Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), dalam pembukuan uang Kemenag tidak ditemukan alokasi dana untuk melakukan suap. “Saya tidak tahu asal mula secara tepat isu itu berkembang,”ujarnya kepada Republika di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (21/7).

Ghafur mengatakan, orang salah persespi dengan lobi-lobi yang dilakukan Kemenag dan Komisi VIII DPR-RI. Tiap pertemuan dituding sebagai ajang memberikan suap. Padahal, sama sekali tidak ada satu rupiah pun diberikan Kemenag untuk menyuap para anggota dewan guna menetapkan BPIH 2010. Jika terjadi tindak penyuapan maka akan terlihat di pembukuan dan bisa diteliti oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal senada diungkapkan oleh Zainun Ahmadi, anggota Komisi VIII DPR-RI. Menurut dia, isu tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kabar tersebut bermula tatkala salah satu pimpinan Komisi VIII DPR-RI disinyalir meminta uang lobi sebesar 12.5 milyar dengan mengatasnamakan Komisi VIII . “Kabar tersebut sama sekali tidak benar dan saya pribadi tidak pernah menerima apapun,” katanya.

Terkait BPIH 2010 turun sebesar USD 80, Zainun menegaskan angka tersebut adalah penurunan signifikan. Sejak awal, Komisi VIII DPR-RI menolak usulan kenaikan BPIH sebesar 3.577 yang ditawarkan Kemenag.

Hanya saja, sayangnya Komisi VIII DPR-RI periode sebelumnya tidak mengajukan anggaran APBN untuk BPIH tahun ini. Akibatnya, inderect cost akan banyak menguras dana optimalisasi haji. “Padahal jika diajukan APBN kemungkinan BPIH 2010 turun akan lebih besar,” katanya. Nashih Nashrullah, Krisman Purwoko / Riyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s