Sejarah Parfum & Tips Memilih Parfum Arab !

Parfum merupakan wewangian yang identik dengan negara Perancis. Romantisme Paris sepertinya melekat kuat dengan beragam merek parfum ternama seperti Chanel, Estee Lauder, Yves Saint Laurent, Dior, Nina Ricci dan banyak lagi di negara yang juga terkenal sebagai pusat adi busana dunia itu. Namun apakah parfum berasal dari negara penghasil Champagne ini?

Parfum berasal dari bahasa latin per fumus yang berarti melalui asap. Hal ini terkait sejarah parfum yang berupa dupa yang dibakar serta daun-daun berorama wangi khas yang digunakan dalam setiap acara keagamaan di zaman lalu.Sekitar 2005 silam para arkeolog melakukan penggalian di sebuah situs di daerah Siprus, 120 km sebelah barat Suriah dan menemukan artefak parfum tertua yang umurny a 4000 tahun. Namun tak ada catatan resmi mengenai sejarah awal wewangian dari negara ini.

Tercatat Mesir sebagai negara pertama penghasil parfum. Dikabarkan masyarakat kuno telah memakai parfum dalam setiap ritual keagamaan dan dalam keseharian mereka semenjak ribuan tahun silam. Orang-orang Mesir kuno menggunakan parfum sebagai cara untuk membuat para Dewa mereka senang bukan untuk menarik lawan jenis.

Masyarakat Mesir kuno percaya bila aroma parfum dapat membuat mereka lebih bersih secara spiritual dan membuat para Dewa senang sehingga saat kematian tiba maka akan mempermudah arwah mereka pergi ke surga. Parfum yang mereka buat umumnya berbentuk serbuk yang dibakar dan menghasilkan wangi melalui asap. Wewangian terbaik umumnya dimiliki para pemuka agama serta orang-orang kaya Mesir sebagai salah satu status sosial mereka.

Salah satu bukti dari makam Firaun Tutankhamun terdapat banyak pot-pot besar berisi wewangian parfum terbaik yang dikubur bersama jenasahnya, bahkan jasadnya pun dilumuri parfum. Kebiasaan ini menjadi tradisi di zaman Mesir kuno dimana tiap kuburan dimasyarakat Mesir kuno setidaknya ada sebuah tong berisi wewangian.

Orang Mesir kuno sangat menghargai dan menjunjung tinggi parfum dimana wadah menyimpan parfum terbuat dari bahan terbaik dan dibuat indah. Hal ini pun sepertinya terbawa hingga detik ini dimana parfum terbaik didesain dengan citarasa tinggi dalam botol-botol yang indah.

Kebiasaan ini menular pada masyarakat Yunani dan Romawi dikemudian tatkala mereka datang ke Mesir dan mendapati wewangian yang membuat perasaan mereka menjadi lebih baik saat mengenakan dan mencium aromanya. Mereka bahkan menggunakan parfum saat mandi di tempat pemandian umum mereka.

Sedangkan parfum cair pertama kali tercatat dalam sejarah dibuat oleh seorang perempuan Mesir kuno bernama Tapputi sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Perkembangan Islam juga membawa pengaruh terhadap parfum. Hal ini sebabkan perintah Rasul Muhammad agar setiap laki-laki menggunakan wewangian ketika hendak shalat Jumat.

Tercatat beberapa ilmuwan islam terkemuka seperti Jabir Ibnu Hayyan, Al Kindi hingga Ibnu Sina atau Avicena turut andil dalam mengembangkan materi dan cara pengolahan parfum. Ibnu Hayyan merupakan ahli kimia yang berhasil mengembangkan teknik distilasi, penyaringan dan penguapan yang menghasilkan cairan parfum yang lebih banyak.

Al Kindi yang seorang ahli kimia lewat bukunya Book of the Chemistry of Perfume and Distillations menjelaskan 100 resep minyak wangi, salep, obat-obatan dan beragam aroma terapi serta 107 metode serta alat dalam pembuatannya. Sementara Ibnu Sina berhasil mengembangkan proses distilasi atau proses penyulingan yang lebih cepat untuk mengekstrak cairan parfum yang akhirnya digunakan hingga saat ini.

Parfum beraroma floral itu juga diperkenalkan pada masyarakat Eropa lewat jalur perdagangan dengan catatannya catatan pada Pepperers Guild of London yang bertarikh 1179 M yang menyebutkan bahwa orang Eropa melakukan transaksi bahan-bahan parfum serta rempah-rempah dengan pedagang Muslim.

Bangsa Eropa baru bisa membuat parfum tahun 1221 yang para biarawati dari gereja Santa Maria delle Vigne Florence berhasil membuat resep parfum pertama. Pada abad ke-16 seorang Perancis bernama Catherine de’ Medici yang dipanggil Rene membawa semua resep pembuatan parfum Italia ke Perancis. Rene bahkan membangun terowongan rahasia yang menghubungkan laboratorium dengan tempat tinggalnya demi keamanan agar tak ada satupun resep parfum yang bisa dicuri darinya.

Negara Perancis sendiri mulai membudidayakan bunga mulai abad ke-14 dan menjadikan parfum sebagai salah satu industri utama mereka. Daerah Selatan Perancis merupakan wilayah tempat pembudidayaan beragam bunga.

Dan semenjak abad ke-16 parfum dikenal luas di daratan Eropa dan banyak digunakan orang kaya sebagai simbol status serta untuk menutupi bau badan mereka karena kebiasaan jarang mandi. Fakta ini menunjukan bahwa parfum memiliki tempat dan status tersendiri di masyarakat yang tak berubah semenjak zaman kuno.

TIPS MEMILIH PARFUM ARAB
Bagi penikmat parfum Arab, Jeddah adalah surga untuk berbelanja parfum. Namun para jamaah belum tentu transit di Jeddah dengan waktu lama. Kota mekah tidak kalah reputasinya jika ingin mencari parfum aroma timur tengah ini.

Aroma parfum Arab yang biasa digunakan para jamaah untuk keperluan ibadah adalah : Parfum seribu bunga, Silver, Malaikat Subuh, Melati, Kenanaga, hajar aswad, dan lain-lain

Agar Anda tidak salah pilih parfum, berikut tips memilih parfum yang sesuai:

1. Mengenali aroma parfum yang diinginkan. Jika sudah permah memiliki parfum dengan aroma khas, Anda tinggal bilang kepada penjualnya jenis aroma yang diinginkan. Namun jika belum usahakan ada referensi dari teman. Karena di toko akan menghadapi aneka aroma, dan Anda dipastikan kebingungan memilih.

2. Membeli Parfum Pada Siang Hari Usahakan belanja parfum pada siang hari, yang pasti karena lebih terang sehingga tidak salah pilih, alasan lain adalah pada siang hari daya penciuman manusia lebih tajam dibanding malam hari.

3. Disarankan tidak memakai wewangian yang lain ketika ke toko parfum, agar penciuman Anda lebih fokus.

4. Uji Coba. Untuk pertama kali mengenali aroma, jangan langsung di tubuh atau pakaian tapi gunakan media lain, setelah menemukan aroma yang cocok barulah digunakan pada tubuh atau pakaian.

Sumber : choobill & Slamet Riyanto

Satu pemikiran pada “Sejarah Parfum & Tips Memilih Parfum Arab !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s